Rabu, 09 November 2011

Belajar Membuat Blog

Saya berkali-kali berusaha membuat blog ini agar kelihatan bagus dan enak untuk dilihat. Berbagai percobaan saya lakukan. Mulai dari memilih-milih template sampai menambahkan elemen nya. Dan akhirnya terbentuklah  blog saya seperti yang sekarang ini.
Dan oleh karena mengingat perjuangan saya itu (he he he bukan perang lho!!!!) maka saya buatlah tulisan ini, yang khusus membahas tentang perjuangan saya tadi. Sebagai tips bagi anda yang baru belajar membuat blog seperti saya.
Seperti inilah yang saya lakukan untuk membuat blog saya menjadi. Saya mulai saja yach proses pembuatan blog saya. 
  1. Membuat blog. Tentu saja ini langkah yang pertama, dan anda pasti sudah punya blog juga bila ingin membaca tips ini.
  2. Memilih template. Saya sengaja memilih template yang sudah bagus, menu sudah dibentuk hanya saya perlu mengubahnya saja, atau istilah kerennya saya tinggal edit saja. Anda    bisa memilih  dari ratusan   atau  mungkin ribuan template gratis (atau berbayar ) untuk di download. Saya membuat blog ini dengan mendownload dari www.premiumbloggertemplates.com dan saya memilih yang free. Yang saya pilih template yang sudah lengkap, ada menunya, ada read more nya, ada share to Facebook, Twitter dsb. Silahkan anda memilih sendiri yang mana. 
  3. Pasang Template. Setelah mendownload maka akan didapat file yang berupa WinZip file (nama_file.zip) untuk itu anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Setelah jadi cari yang berekstensi ”.xml” ini yang akan dipakai nantinya.
  4. Masuk ke www.blogger.com kemudian login memakai id blogg anda.
  5. Klik Rancangan
  6. Klik Edit HTML
  7. Browse file yang tadi di download
  8. Upload file tadi (.xml) dan tunggu prosesnya selesai.
  9. Klik pratinjau dulu untuk melihat hasilnya, jika anda menyukainya maka klik simpan tetapi jika tidak suka maka ulangi prosesnya dengan file download yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar